Kamis, 10 Juni 2010

Manifestasi Pengabdian


Firman Allah Subahanahu Wa Ta'ala :
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلاَّ لِيَعْبُدُوْنَ.
" Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku." (Qur'an Surat Ad-Dzariyaat : 56)

Adalah tugas yang sangat mulya yang diwajibkan sang Kholiq untuk kelompok makhluk yang bernama jin dan manusia; mengabdikan diri kepada penciptanya selama hidup. Namun, sudahkah kita sebagai kelompok makhluk yang lebih mulya dari jin mewujudkan itu? Adakah sesuatu yang sudah kita berikan untuk Allah dan Agama-Nya? Adakah aktivitas real yang kita lakukan dengan ikhlash dan murni sebagai manifestasi penyembahan dan kebaktian kita kepada sang Pencipta?

Sepertinya tidak etis jika kita menjawab dengan "ya" atau "ada". Karena selama kita hidup, Nikmat yang dikaruniakan Allah jauh lebih banyak dan berarti dari usaha dan upaya pengabdian kita kepada-Nya. Aktivitas yang kita jalani setiap hari dari bangun tidur sampai tidur kembali tidak terlepas dari Nikmat-Nya. Sedangkan pengabdian kita kepada-Nya terbatas dan terkadang semau kita. Upaya pengabdian diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala adalah ibadah, dan ibadah tidak terbatas hanya pada Ibadah Mahdloh (murni ibadah) seperti sholat, puasa, membaca dan memahami Al-Qur'an, shodaqoh, I'tikaf di masjid, da sebaginya. Karena ada pula Ibadah Ghoiru Mahdloh (tidak murni ibadah), yaitu suatu aktivitas yang mubah (tidak dilarang syari'at) yang dilakukan murni karena Allah ta'ala dan diniatkan ibadah. Seperti mencari nafkah untuk keluarga karena Allah dan di jalan Allah, mengkontribusikan intlektual atau ide kreatif untuk meninggikan Agama Allah, berselancar di dunia maya dengan mengimplementasikan metode dakwah modern, berorganisasi untuk kepentingan Agama Allah, dan sebagainya.
Banyak jalan dan banyak cara untuk mewujudkan penyembahan kita kepada Allah Rabbul 'Alamin sebagai manifestasi pengabdian kita kepada-Nya, tergantung kita merealisasikannya.

Wallahu A'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan kami.
Silahkan masukkan komentar anda agar lebih memotivasi kami untuk berkereasi dengan media blog ini :-)